Block HTTPS dengan Mikrotik

    Block HTTPS dengan mikrotik sangat diperlukan pada saat ini karena kebanyakan website sekarang sudah mendukung SSL dimana itu artinya ini mendukung keamanan yang lebih baik. Dengan mikrotik kita bisa memanfaatkan fitur yang bernama 7 layer protocol, tidak seperti web proxy yang hanya dapat melakukan block terhadap HTTP..

Lalu bagaimana konfigurasi yuk kita liat EZ kok sans. Untuk topologi masih menggunakan topologi yang sama seperti sebelum” nya yaa.

    Untuk memblokir youtube di mikrotik kita akan menggunakan fitur yang namanya layer7-protocol. Fitur ini terletak pada menu firewall. Pertama-tama kita buat dulu nih regex dari url si youtube nya dapat dilihat pada baris pertama.

Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah membuat rule pada firewall filter dimana kita arahkan chain nya forward. Loh kok forward kenapa ga output kan paket data nya bakalan keluar dari router?. 

Nah jawabannya simple karena pada saat client ingin mengakses youtube, itu akan langsung melakukan request ke arah server punya youtube nya. Nah paket data itu tidak akan diproses lebih lanjut di router melainkan hanya akan diteruskan saja.

    Nah jika sudah selesai membuat rule nya mari kita lakukan pengujian dari sisi client.

    Terlihat pada gambar diatas, ketika saya mencoba mengkases youtube hasilnya adalah tidak bisa.  Nah sedangkan jika kita mencoba mengakses web lain berhasil dan normal-normal saja. Contoh gua mengakses detik.com

   Oke mungkin cukup sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, kalau ada yang masih bingung jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar. Terimakasih😇

(Note: untuk konfigurasi yang membutuhkan koneksi internet jangan lupa lakukan konfigurasi nat terlebih dahulu yaa!)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *