Block Ping Menggunakan Mikrotik

     Pada artikel kali ini saya akan memberitahu bagaimana cara melakukan block pada paket ICMP atau lebih mudahnya sering kita sebut paket ping. pada tutorial kali ini kita akan menetapkan sebuah rule untuk client agar tidak dibolehkan melakukan ping ke gateway router.

Untuk melakukan konfigurasi ini kita akan menggunakan fitur firewall yang ada pada mikrotik dan menggunakan beberapa parameter yang ada.

    Untuk detail penjelasan dari parameter yang ada d atas adalah sebagai berikut:

  • ip firewall filter: perintah ini berfungsi untuk masuk ke dalam fitur firewall yang ada di mikrotik. jika kalian menggunakan winbox maka kalian bisa temukan di tab IP > Firewall > tab filter rules
  • chain=input: untuk parameter yang satu ini menunjukkan arah paket data dari client menuju router. Input artinya paket data yang menuju ke router itu sendiri.
  • src-address: parameter ini berfungsi untuk menentukan alamat ip mana saja yang tidak diperbolehkan melakukan ping ke arah router (gateway).
  • protocol: parameter ini berfungsi untuk menentukan jenis paket apa yang akan diterapkan, Pada contoh kali ini karena kita akan melakukan block pada ping maka paket yang dipilih adalah ICMP.
  • action: parameter ini berfungsi untuk menentukan aksi apa yang akan diterapkan untuk rule ini. Pada contoh kali ini adalah drop yang berarti kita akan membuang semua traffic yang berupa ping dari arah client.

Saatnya melakukan pengujian pada client😁

Jika pada saat melakukan ping ke arah gateway hasilnya adalah Request Timed Out (RTO) maka rule berhasil diterapkan.

Oke itu saja untuk pembahasan kali ini semoga bermanfaat, jika ada yang masih bingung bisa tanya di kolom komentar yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *