BIOS update untuk Motherboard Asus P5KPL-AM SE

Saya Prevecious, saya hanya ingin berbagi catatan disini. Bahasa tidak baku? Biarlah, saya hanya niat berbagi catatan seputar pekerjaan saya.

Jadi ada komputer lama nih ceritanya, terus coba nyalain, dan masih bisa. Driver udah banyak banget ketinggalan, jelas update dong. Gak lama kepikiran update bios sekalian, eh pas dicoba kok gak bisa?

Udah coba dari Asus EZ Flash gak kebaca fdnya, coba pake asus utilities malah gak bisa diinstall, pake aplikasi lain yang bisa update bios lewat windows, sama aja. akhirnya cari cara dan ketemu!

Dan ternyata simple banget, emang sih kalo pas masuk EZ Flash cuma kebaca floppy, meskipun kita gak ada input floppy sama sekali, dia kayak stand by aja. Nah dari pada beli floppy yang udah langka dan repot nyarinya, mendingan pake flashdisk aja, tapi kan gak kebaca?, nah ini dia triknya! Jadi EZ Flash versi lama itu gak ngebaca storage apapun yang diatas 1gb, kurang tau juga sih pastinya berapa, intinya dibawah 1gb pasti kebaca, nah disini saya coba hapus partisi fd saya sendiri, terus biarin sisanya unlocated, terus masukin file biosnya, dan boom! Berhasil, setelah update bios, Asus EZ Flash baru bisa baca semua storage, sampe hdd sekalipun kebaca, mantaplah! Jadi kalo semisal kedepannya ada update bios lagi, gak perlu repot repot mindahin file, ya… meskipun udah gak begitu berguna sih karena udah stop produksi juga dan udah gak ada update apa-apa lagi. Mungkin semua P5KPL series kalo masalahnya begini semua, bisa dicoba. Silahkan
Dan ini ada sedikit review aja, Hasil Overclocking Pentium Dual Core E2180 2.00GHz, dengan RAM 1GB, stock cooler, psu 500w bawaan casing(kaleng2)

Hasil overclock disini masih pake oc profile dari bios ya, disini udah make oc profile 30%, udah yang paling tinggi yang tersedia, dan sejauh ini stabil dan bisa dipake harian. untuk suhu juga gak terlalu ekstrim:

Sekian,